Bidang Usaha dan Tips memilih yang tepat

Bidang Usaha

Bidang usaha – Dalam mengawali wirausaha biasa anda akan merasa bingung untuk terjun di dunia bisnis yang sama sekali tidak ketahui, serta apa yang ingin Anda lakukan untuk mengawali bisnis. Urusan itu sering kali terjadi dalam mengawali sebuah bisnis dan keraguan untuk mengawali Bidang usaha itu ialah sebuah tantangan tersendiri.

Bisnis pada era globalisasi sekarang adalah bisnis yang penuh dengan kompetisi pasar bebas dimana produk dari sekian banyak negara seperti China, Amerika, Jepang telah mulai muncul di sekian banyak mall, pertokoan bahkan di rumah Anda sendiri. Sehingga, dalam mengawali bisnis yang paling ketat dengan kompetisi tersebut Anda harus mulai jeli agar bisnis yang di jalankan dapat bertahan seperti kemauan anda.

 

Berikut beberapa tips memilih jenis bidang usaha yang cocok untuk Anda yang masih pemula dalam berbisnis :

  1. Pilih bidang Usaha yang Sesuai dengan Keahlian Anda

Cara memahami bidang usaha yang sesuai untuk pemula ialah dengan mengenali diri Anda terlebih dahulu. apa yang menjadi minat Anda saat ini? Misalnya jika Anda tidak cukup mengerti masalah fashion namun Anda memaksakan diri guna membuka toko baju sebab merasa bahwa jualan baju tentu laku dan untungnya besar. Sebulan dua bulan barangkali berjalan biasa saja. Namun andai Anda tidak dapat mengikuti trend, bidang usaha Anda bisa-bisa tidak bertahan lama sebab Anda tidak cukup mengerti dunia fashion.

Berbeda halnya jika Anda kegemaran membuat ragam macam kue,  maka menjalankan bidang usaha kue rumahan akan cocok dengan kegemaran Anda yang suka menciptakan kue. Di samping itu, usaha itu akan terasa nyaman Anda jalankan sebab selaras dengan kegemaran Anda. Memang kemahiran yang Anda miliki belum pasti menjadi kegemaran Anda. Namun minimal Anda tidak akan kerepotan dalam mengawali bisnis sebab Anda memang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut. Sehingga Anda tidak perlu waktu lama dalam mengembangkan bidang usaha Anda.

 

  1. Bisnis dengan inspirasi.

Bisnis ini bermodalkan nilai sosial dimana anda ialah seorang inspirator yang terketuk hatin untuk mengawali bisnis sosial di suatu wilayah untuk menyelesaikan nilai – nilai dan norma sosial yang Anda rasakan perlu untuk sekitar anda. Hal ini pun sangat tampak dari rumah berisi inspirasi yang sekarang sudah menyentuh nilai ekonomi seperti lokasi tinggal sapulidi center di Riau, ledokombo di Jember Jawa Timur dan Sawung Doang di Bandung.

 

  1. Sesuaikan dengan Modal yang Anda Miliki

Dalam menegakkan sebuah usaha, usahakan perhatikan untuk hal modal dan jangan memaksakan membuka suatu usaha yang Anda inginkan jika modal yang Anda punya tidak cukup. Karena bisa saja usaha yang Anda buka baru berlangsung berapa bulan, Anda telah kehabisan modal.

 

 

  1. Perhatikan Lokasi Tempat Usaha

Di samping berurusan dengan modal, jenis usaha yang Anda hendak didirikan pun harus dicocokkan dengan tempat bermukim Anda. Perhatikan tingkat kompetisi usaha sejenis, pangsa pasar dan kesempatan berkembangnya usaha yang bakal Anda jalankan untuk beberapa tahun kedepan. Sebagai contoh, Anda hendak membuka usaha fotokopi dan dilengkapi dengan segala perlengkapan ATK. Usaha ini tentunya bakal lebih tepat andai dibuka di sekitar tempat perkantoran maupun lembaga pendidikan.

 

Tentu saja, untuk membuka usaha baru dibutuhkan software yang dapat membantu pekerjaan anda dengan mudah dan cepat. Accurate accounting adalah pilihan yang tepat untuk anda.