Sistem Audit : Pengertian Hingga Tahapannya

Sistem Audit

Sistem audit atau EDP Audit (Electronic Data Processing Audit) adalah suatu metode pengumpulan data dan pemindahan bukti untuk menentukan apakah suatu sistem yang terkomputerisasi sudah diterapkan dan menerapkan sistem pengendalian internal yang sudah memenuhi standar.

Selain itu sistem audit ini berfungsi untuk mengetahui apakah seluruh aktiva sudah terlindungi dengan baik, memastikan tidak ada penyalahgunaan dan menjamin integritas data, keandalan, efektivitas, dan efisiensi penyelenggaraan informasi berbasis komputer.

Tujuan sistem audit

  • Sistem audit bertujuan untuk memeriksa kecukupan pengendalian lingkungan, keamanan fisik, dan logika, serta keamanan sistem informasi yang sudah dirancang agar dapat melindungi perangkat lunak, perangkat keras, dan data dari  akses yang tidak sah dan kecelakaan atau perubahan yang tidak disengaja.
  • Dapat memastikan kalau sistem informasi yang sudah dibuat sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat membantu organisasi yang menggunakannya dalam mencapai tujuan strategis.

Jenis-jenis sistem audit

  1. Audit laporan keuangan

Audit laporan keuangan adalah jenis audit yang bertujuan untuk mencari tahu tingkat kredibilitas laporan keuangan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

Jika sistem akuntansi organisasi yang sedang diaudit adalah sistem yang berbasis komputer, maka audit akan melaksanakan fungsinya pada sistem informasi akuntansi untuk mengetahui apakah proses sistem komputer sudah selesai, pengendalian umum sudah memadai dan data yang sudah substansif.

  1. Audit operasional

Audit operasional dibagi menjadi tiga jenis sebagai berikut:

  • Post Implementation Audit (Audi Setelah Implementasi)

Hanya auditorlah yang bisa melaksanakan post implementation audit karena auditor dapat mengevaluasi apakah sistem audit yang sedang diimplementasi perlu diperbaiki atau diberhentikan jika tidak sesuai dengan keperluan pengguna atau mengandung kesalahan.

  • Conccurrent Audit (Audit Bersama)

Di sini, audit berperan sebagai tim pengembangan sistem. Auditor akan membantu tim untuk meningkatkan kualitas sistem yang dirancang oleh para analisis, desingner, dan programmer.

  • Concurrent Audits (Audit Secara Bersama-sama)

Di sini, auditor akan mengevaluasi kinerja unit fungi sistem informasi yang dirancang untuk menentukan apakah sistemnya sudah dikelola dengan baik, apakah kontrol perkembangan sistem secara umum sudah dijalankan dengan baik, dan apakah sistem komputer yang dikembangkan dapat dioperasikan dengan baik.

Tahapan sistem audit

Berdasarkan teori buku  “Audit And Control Of Information System”, karya Gallegos. Sistem audit mencakup beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan meliputi aktivitas seperti:

  • Menetapkan ruang lingkup dan tujuan sistem audit
  • Mengatur tim audit
  • Memahami betul mengenai operasi bisnis klien
  • Mengkaji ulang hasil audit yang sudah dibuat sebelumnya
  • Mempersiapkan program audit.
  1.  Pemeriksaan Lapangan (Field Work)

Tahap pemeriksaan lapangan akan meliputi kegiatan pengumpulan informasi yang dilakukan dengan mengumpulkan seluruh data dari pihak yang terkait. Hal ini bisa dilakukan dengan mengaplikasikan suatu metode pengumpulan data atau informasi seperti wawancara, suvey, atau memberikan quisioner.

  1. Pelaporan (Reporting)

Setelah semua data yang diperlukan terkumpul. Selanjutnya adalah memperoleh data yang nantinya akan diproses untuk dihitung menurut rumus maturity level. Tahapan ini akan dilakukan dengan cara pemberian informasi dalam bentuk dari hasil audit.

  1. Tindak Lanjut (Follow Up)

Tahapan tindak lanjut adalah tahap pemberian laporan hasil audit dalam bentuk rekomendasi atau saran tindakan perbaikan kepada pihak manajemen objek yang diteliti.

Setelah itu, semua wewenang perbaikan akan menjadi tanggung jawab dari pihak manajemen objek sebagai perimbangan untuk menerapkan atau hanya sebagai acuan untuk perbaikan di masa mendatang.

Untuk mempermudah audit, anda dapat menggunakan software akuntansi dalam persiapan report yang diperlukan. Software akuntansi Accurate dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai software accurate, silahkan klik disini