Permintaan Pasar dan Cara menganalisanya

Permintaan Pasar

Analisa permintaan pasar ialah suatu pekerjaan mempelajari sekian banyak masalah tentang suasana pasar yang terjadi saat ini. Analisa pasar ini menjadi hal penting yang harus diketahui dan menjadi dasar dan pondasi untuk strategi pemasaran selanjutnya. Dengan demikian, kesuksesan bisnis akan dominan terhadap seberapa baik dan tepat analisa permintaan pasar yang anda dilakukan.

Lalu, bagaimana teknik dalam menganalisa permintaan pasar tersebut ?

Melakukan pendekatan permintaan

Satu teknik yang anda dapat guna untuk mengetahui situasi maupun potensi yang dipunyai pangsa pasar tertentu ialah dengan melakukan pendekatan permintaan. Metode ini menekankan mengenai keperluan manusia yang sampai kini masih belum bisa terpenuhi sepenuhnya atau barangkali ada yang sudah terpenuhi namun hasilnya tidak cukup memuaskan.

Sebagai contoh, masyarakat yang berada dalam distrik pedesaan tidak sedikit yang pergi mengarah ke kota untuk melakukan pembelian pakaian. Bisa ditafsirkan jika masyarakat desa tidak mendapat pakaian yang cocok dengan selera mereka di desa atau tidak bisa menemukannya dengan mudah di daerah mereka. Melalui pendekatan dan pemantauan, anda dapat menyimpulkan bahwa desa adalah sebuah kesempatan usaha bagus untuk membina bisnis pakaian yang cocok dengan selera mereka dan dengan harganya yang bertolak belakang dengan harga pakaian di kota. Anda dapat mengetahui permintaan tersebut dari total kebutuhan, jumlah konsumen serta target pasarnya.

Pemasar bertanggung jawab mempersiapkan ramalan penjualan. Bila perkiraannya ternyata jauh dari kenyataan, perusahaan tersebut akan menanggung beban persediaan barang yang tidak memadai. Ramalan penjualan didasarkan pada perkiraan permintaan dan para pemasar harus mendefinisikan dengan hati-hati apa yang mereka maksudkan dengan permintaan pasar. Berikut adalah definisi pasar secara tepat:

  • Pasar potensial

Pasar potensial ialah sekumpulan konsumen yang mengaku minat atas tawaran atas pasar tertentu.  tetapi, minat konsumen tidak mencukupi untuk mendefinisikan pasar. Para calon konsumen harus menyesuaikannya dengan pendapatan yang mereka dapat untuk melakukan pembelian produk itu dan memiliki akses terhadap produk yang ditawarkan.

 

  • Pasar yang tersedia

Pasar yang tersedia ialah sekumpulan konsumen yang memiliki minat, pendapatan, dan akses terhadap tawaran pasar tertentu. Untuk sejumlah tawaran pasar, perusahaan atau negara dapat memberi batas penjualan untuk kelompok-kelompok tertentu, contohnya pembatasan menurut umur. Orang-orang diluar pembatasan itu akan menyusun pasar ada yang memenuhi syarat (qualified available market) yakni sekelompok pelanggan yang memiliki minat, pendapatan, akses, dan kualifikasi atas tawaran pasar tertentu.

 

  • Pasar sasaran

Pasar sasaran ialah bagian dari pasar ada yang memenuhi syarat dan telah ditetapkan oleh perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan mungkin menyimpulkan untuk mengonsentrasikan usaha pemasaran dan distribusinya di Jawa Barat. Perusahaan tersebut akan mengerjakan penjualan untuk sejumlah pembeli tertentu di pasar sasarannya.

 

Definisi-definisi pasar diatas adalah perangkat yang bermanfaat untuk perencanaan pasar. Bila perusahaan tidak puas dengan penjualannya saat ini, maka perusahaan bisa mengambil sejumlah tindakan, diantaranya :

  • berjuang menarik semakin besar persentase pembeli dari pasar sasarannya,
  • menurunkan kualifikasi calon pembeli,
  • mengembangkan pasar yang terdapat dengan membuka jaringan penyaluran yang kian luas,
  • menurunkan harga, dan
  • mereposisikan kembali perusahaan pada pikiran pelanggannya.

langkah umum dari semua pemasar dalam mengevaluasi peluang pasar ialah mengestimasi permintaan pasar total. Permintaan pasar sebuah produk ialah volume total yang akan dibeli oleh kumpulan pelanggan tertentu di distrik geografis tertentu, pada periode masa-masa tertentu, di lingkungan pemasaran tertentu, dan dengan program pemasaran tertentu.

Permintaan pasar bukanlah angka yang tetap, melainkan faedah dari sejumlah situasi tertentu.