Pengertian Harga Pokok Penjualan dan Cara Menentukannya

Harga-pokok-penjualan-hpp

Dalam dunia usaha atau bisnis, anda mungkin pernah mendengar istilah HPP atau Harga Pokok Penjualan terutama kalau anda sendiri bekerja di bagian akuntansi, tetapi apakah anda mengetahui perbedaan harga pokok penjualan ini dengan jenis harga lainnya?

Pengertian Harga Pokok Penjualan

Bagi anda yang belum tahu, harga pokok penjualan atau cost of good sold adalah perhitungan manajerial berdasarkan total keseluruhan biaya yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan untuk memproduksi barang atau jasa yang akan di jual di pasaran selama beberapa periode tertentu.

Biasanya biaya yang dihitung di harga pokok penjualan ini adalah biaya yang dilibatkan selama proses produksi barang atau jasa seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead.

Jadi, bukan seperti yang anda bayangkan, harga pokok penjualan itu bukan jumlah harga yang didapat dari setiap penjualan barang atau jasa, melainkan harga yang diperlukan untuk mendapatkan barang atau jasa yang akan dijual.

Manfaat harga pokok penjualan

Dari sini, mungkin anda bertanya apa manfaat dari harga pokok penjualan ini? Perlu anda tahu dengan mengetahui harga pokok penjualan memiliki banyak manfaat, berikut manfaat harga pokok penjualan:

  • Sebagai metode untuk menentukan harga jual
  • Sebagai cara untuk memantau realisasi biaya produksi
  • Sebagai metode untuk menentukan harga pokok persediaan
  • Sebagai cara untuk mengetahui margin keuntungan yang ingin dicapai oleh perusahaan.
  • Sebagai bahan pertimbangan terhadap pesanan yang diterima perusahaan.

Cara menentukan harga pokok penjualan

Melihat manfaatnya tersebut, tentu saja, anda perlu menentukan harga pokok penjualan di perusahaan anda agar anda dapat meraih keuntungan maksimal. Oleh karena itu jika anda ingin menentukan harga pokok penjualan, anda perlu mengikuti langkah berikut ini.

  1. Menghitung bahan baku

Pertama, anda perlu menghitung bahan baku yang akan digunakan karena tergantung dengan jumlah barang baku yang akan anda gunakan, anda bisa mengestimasikan jumlah barang yang akan dihasilkan.

Oleh karena itu, anda bisa menghitung jumlah bahan bakunya dengan menggunakan rumus berikut:

Bahan baku yang akan digunakan = Persediaan awal bahan baku + Pembelian bahan baku – Persediaan bahan baku

2. Menghitung biaya lainnya

Selain bahan baku, anda juga perlu menghitung biaya lainnya seperti biaya tenaga kerja langsung atau biaya overhead (biaya respirasi, pemeliharaan, listrik, air, dan sebagainya) karena biaya ini dapat mempengaruhi jumlah barang ataupun jasa yang dihasilkan.

3. Hitung total biaya produksi

Ketika anda sudah mendapatkan jumlah setiap biaya yang diperlukan untuk membuat barang atau jasa, selanjutnya anda bisa menentukan total biaya produksi.

Caranya, persediaan awal bahan baku ditambahkan dengan biaya bahan baku tidak pokok, kemudian anda bisa menguranginya dengan persediaan bahan baku akhir periode, Agar lebih jelasnya,anda bisa melihat rumus sederhananya.

Total Biaya Produksi = Persediaan Bahan Baku Awal Periode + Biaya Bahan Baku Tidak Pokok – Persediaan Bahan Baku Akhir Periode

4. Hitung harga pokok produksi

Selain total biaya produksi, anda juga perlu menghitung harga pokok produksinya. Anda bisa menentukannya dengan memperhatikan rumus sederhana berikut.

Harga Pokok Produksi = Total Biaya Produksi + Persediaan Barang Awal Produksi – Persediaan Barang Akhir Produksi

5. Tentukan harga pokok penjualan

Ketika anda sudah menentukan semua biayanya, maka anda sudah bisa menentukan harga pokok penjualan. Caranya, tambahkan harga pokok produksi dengan persediaan awal barang, kemudian kurangi dengan persediaan akhir barang. Berikut rumus sederhananya:

Harga Pokok Penjualan = Harga Pokok Produksi + Persediaan Awal Barang – Persediaan Akhir barang

Untuk memudahkan anda dalam menghitung Harga pokok penjualan atau HPP anda dapat menggunakan Software Accurate 5. Selain menghitung Harga Pokok Penjualan, Software Accurate memudahkan anda dalam mengontrol stok barang. Jadi laporan Neraca dan laporan laba/rugi tersaji secara jelas. Anda tertarik menggunakan Software Accurate? www.softwareaccurate.com menyediakan Software accurate 5 100% original dengan penawaran menarik. Hubungi www.softwareaccurate.com sekarang juga!