Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Perusahaan

Sumber Daya Manusia

Pengembangan sumber daya manusia atau SDM untuk sebuah perusahaan sangat perlu dilakukan di era globalisasi saat ini. Namun, melakukannya tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan waktu dan tentu saja strategi yang tepat agar dapat berjalan dengan lancar.

Pengembangan Sumber Daya Manusia ini dilakukan untuk mendapatkan pribadi yang lebih berkualitas dengan kemampuan kerja, keterampilan, serta loyalitas kerja di dalam sebuah perusahaan. Mungkin, banyak orang di luar sana yang berpikir bahwa pengembangan SDM ini dapat dilakukan dengan cara pendidikan dan pengembangan keterampilan. Namun ternyata, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan agar pengembangan SDM dapat dilakukan secara maksimal.

Apa sajakah cara dan strategi pengembangan SDM pada perusahaan tersebut?

  1. Pelatihan

Pelatihan dilakukan dengan cara mengembangkan individu melakukan peningkatan pengetahuan, keterampilan dan juga sikap. Pelatihan ini bukan hanya berguna dan bermanfaat untuk karyawan, namun juga untuk perusahaan. Hal ini disebabkan karena perusahaan tidak akan berkembang dengan baik apabila karyawan di dalamnya tidak memiliki minat dan juga keterampilan yang tinggi. Pelatihan yang diselenggarakan oleh perusahaan dapat menggali potensi yang dimiliki oleh karyawannya dengan cara mengembangkan setiap keterampilan yang dimiliki oleh para karyawannya.

 

  1. Pendidikan

Pengembangan dengan pendidikan dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kemampuan kerja dengan cara melakukan pengembangan dalam sifat formal dan yang berkaitan dengan karir yang dimiliki oleh karyawan.

 

  1. Pembinaan

Yang dimaksud dengan pembinaan adalah dengan mengatur dan mengarahkan manusia sebagai sub sistem sebuah organisasi. Pembinaan dapat dilakukan melalui program program perencana hingga penilaian seperti misalnya performance appraisal, man power planning, job classification, job analytic, dan lain sebagainya.

 

  1. Recruitment

Strategi recruitment dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan SDM yang sesuai dengan klasifikasi kebutuhan perusahaan. Recruitment dilakukan jika daya tampung perusahaan melebihi batas dari yang jumlah karyawaan saat ini atau bisnis anda yang berkembang menjadi lebih besar.

 

  1. Perubahan Sistem

Strategi pengembangan SDM pada perusahaan dengan perubahan sistem ini dilakukan dengan tujuan untuk menyesuaikan prosedur organisasi dan sistem perusahaan sebagai langkah untuk mengantisipasi ancaman hingga peluang dari faktor eksternal. Namun, mengubah sistem yang sudah ada tidaklah mudah dan memakan waktu yang juga tidak sedikit. Untuk itu, Perencanaan yang matang serta kesiapan dari seluruh anggota perusahaan sangatlah dibutuhkan.

 

  1. Kesempatan

Perusahaan memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk menyampaikan gagasan dan ide yang mereka miliki. Dengan cara ini, karyawan akan memiliki kontribusi lebih dalam mengembangkan perusahaannya. Cara ini juga akan membuat karyawan merasa lebiih dihargai serta membuat karyawan menjadi lebih berkembang.

 

  1. Penghargaan

Anda dapat memberikan penghargaan untuk karyawan yang berprestasi sebagai salah satu strategi dalam pengembangan SDM dan bentuk apresiasi perusahaan terhadap karyawan tersebut. Cara ini akan meningkatkan kompetisi yang sehat antar karyawan dan menghasilkan dampak positif yang besar bagi perkembangan perusahaan anda. Dengan demikian, karyawan lain akan terpacu menjadi karyawan yang berprestasi sehingga bisa mendapatkan penghargaan yang membanggakan dari perusahaan.

 

Itulah tadi 7 strategi pengembangan SDM pada perusahaan yang tepat untuk dilakukan. Strategi ini akan memudahkan anda menemukan SDM yang berkualitas dan memiliki loyalitas tinggi bagi perusahaan.