Implementasi Software Akuntansi

Jika anda mencari Software Akuntansi, pastinya anda sudah mendengar kata-kata Implementasi Software Akuntansi. Implementasi adalah jasa yang akan anda gunakan saat anda membeli sebuah Software Akuntansi. Tidak jauh berbeda dengan arti kata dasarnya, Implementor datang ke tempat anda untuk melakukan training, mendampingi proses input data pada client hingga memonitor secara berkala hasil input data trasaksi oleh client/user. Dengan itu, anda dapat mengurangi resiko dalam setup data juga efisiensi waktu dalam memahami alur penginputan transaksi. Memang anda harus mengeluarkan biaya yang berbeda (Kecuali Software Akuntansi Paket). Akan tetapi Investasi itu akan sebanding dengan efektifitas pelatihan dan efisiensi waktu yang akan anda dapatkan

Cek disini untuk informasi Software Accurate Paket dengan jasa Implementasi.

Pengertiaan Implementasi Secara Umum

Secara umum, implementasi adalah suatu penerapan atau tindakan yang dilakukan berdasarkan rencana yang telah disusun dengan cermat dan sudah dijelaskan secara terperinci sebelum proses pelaksanaannya dimulai.

Adapun pengertian lain yang mengatakan kalau implementasi adalah suatu tindakan atau aksi nyata dalam melaksanakan rencana yang telah dirancang secara matang sehingga tujuan yang telah ditargetkan bisa dicapai dengan lebih efektif dan lebih efisien.

Nah, dari pengertian tadi, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan implementasi adalah segala mekanisme suatu sistem yang direncanakan secara matang agar ketika dilaksanakan dapat mencapai hasil yang sudah diharapkan.

Pengertian berdasarkan para ahli

Tidak hanya pengertian secara umum, kata implementasi juga memiliki pengertian sendiri jika dikaitkan dengan pendapat ara ahli. Berikut pengertian implementasi berdasarkan pendapat para ahli:

  1. Prof. Tachjan (2006)

“Suatu tindakan atau aktivitas yang dilakukan seseorang setelah adanya kebijakan.”

  1. Budi Winarno

“suatu tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh sekelompok individu yang sudah ditunjuk untuk menyelesaikan suatu tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.”

3. Hanifah Harsono (2002:67)

“Suatu proses untuk melaksanakan suatu kebijakan agar bisa menjadi tindakan kebijakan dari politik ke dalam administrasi.”

4. Nurdin Usman (2002:70)

“Suatu proses yang bermuara pada aktivitas, aksi, atau tindakan yang dilakukan secara sistematis dan terikat oleh unsur mekanisme. Jadi, bukan sekedar aktivitas, tetapi suatu kegiatan yang berencana untuk mencapai tujuan kegiatan atau aktivitas.”

  1. Solichin Abdul Wahab

” Segala aksi yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok di dalam pemerintah atau swasta, yang proses pelaksanaannya diarahkan pada tercapainya tujuan-tujuan yang telah ditentukan dalam suatu keputusan kebijakan.”

  1. Pressman dan Wildavsky

“Suatu tindakan yang bertujuan untuk melaksanakan, mewujudkan, dan menyelesaikan kewajiban maupun kebijakan yang telah direncanakan.”

Tujuan dari implementasi

Dari semua pengertian yang dibahas tadi, implementasi adalah aktivitas yang tahap pelaksanaannya dilakukan secara sistem sistematis dan masih terikat oleh mekanisme agar dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan. Namun, hal ini belum sepenuhnya menjelaskan tujuan dan manfaat yang bisa diperoleh seseorang ketika sudah melakukannya.

Berikut adalah tujuan dari yang dapat anda rasakan:

  1. Melaksanakan kegiatan lebih efektif

Tujuan utama dari implementasi ini adalah untuk melaksanakan suatu hal yang sudah disusun dengan cermat dan matang oleh individu ataupun kelompok orang. Anda secara langsung dapat memahami program yang anda pelajari dari implementor sehingga kemungkinan terjadi human error dapat diminimalisir dan tujuan perusahaan dapat dicapat lebih mudah

  1. Menyusun suatu prosedur

Implementasi juga merupakan cara terbaik untuk mendokumentasi suatu prosedur penerapan yang sudah direncanakan ke dalam sebuah software atau kebijakan perusahaan yang telah dibuat sehingga kegiatan perusahaan lebih mudah dilaksanakan.

  1. Mengetahui kemampuan masyarakat

Implementasi juga dapat digunakan untuk menilai kemampuan setiap pengguna sehingga pengembangan setiap pengguna dapat dilakukan merata sesuai dengan tugas kerja dan posisi dari pengguna. Dengan pelatihan yang efektif, tingkat keberhasilan dari kebijakan perusahaan dapat dicapai dengan tinggi dan dapat meningkatkan mutu perusahaan

Dengan training yang tepat, software accurate dapat digunakan dengan maksimal. Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai software accurate beserta paket implementasinya.