Akun Kas, Perbedaan Kas Kecil dan Kas Besar

Akun Kas, Perbedaan Kas Kecil dan Kas Besar

Akun kas

Akun kas tentu merupakan akun yang paling sering anda temui ketika menyusun laporan keuangan karena setiap transaksi pasti akan melibatkan penggunaan kas, baik dalam bentuk kertas, logam, atau bentuk lainnya, tetapi tahukah anda kalau akun kas sendiri terbagi menjadi dua jenis?

Akun kas terbagi menjadi dua jenis, yakni kas kecil dan kas besar. Hal ini mungkin merupakan wawasan baru bagi anda sehingga menimbulkan berbagai pertanyaan di otak anda seperti apa perbedaan antara keduanya? Seperti apa contohnya?

Beruntung dengan mengunjungi situs ini, anda akan mendapat jawabannya karena di ulasan berikut ini akan membahas perbedaan kas kecil dan kas besar berserta contohnya.

Perbedaan Akun kas kecil dan kas besar

Kas kecil

Kas kecil atau petty cash adalah jenis kas atau dana yang disiapkan untuk pengeluaran rutin atau kegiatan operasional di perusahaan dengan jumlah nominal yang relatif kecil.

Contoh pengeluaran yang menggunakan kas kecil, seperti:

  • Biaya transportasi
  • Biaya perjalanan
  • Biaya makan dan minuman
  • Pembelian ATK atau perlengkapan kantor
  • Biaya hiburan
  • Biaya internet
  • Dan masih banyak lagi.

Pembentukan kas kecil ini memiliki beberapa tujuan antara lain:

  1. Mempercepat kegiatan operasional bisnis yang sifatnya mendadak.
  2. Kas kecil bisa digunakan untuk  menghindari metode pembayaran yang dianggap tidak ekonomis dan tidak praktis terhadap perkembangan perusahaan.
  3. Membantu para staf dan karyawan dalam memberikan kualitas pelayanan yang maksimal kepada para pelanggan.
  4. Bisa digunakan sebagai talangan dana atau dana langsung jika pembayaran tidak bisa dilakukan melalui cek.
  5. Membayar pengeluaran yang memerlukan pengeluaran sedikit.

Dalam pembentukannya, kas kecil terdiri dari dua metode, sebagai berikut:

  • Metode Tetap

Metode tetap atau imprest fund system adalah metode pembukuan kas kecil dengan rekening kas kecil yang dibuat permanen. Pengeluaran kas yang menggunakan metode ini akan dikumpulkan dulu buktinya untuk dicatat keesokan hari.

Ciri-ciri dari metode tetap adalah pengisian kas kecil dilakukan melalui penarikan cek yang total nominalnya sama.

Untuk langkah-langkahnya, metode tetap memiliki langkah seperti ini:

  • Pemegang kas kecil akan diberi dana untuk melakukan pengeluaran yang perlu.
  • Jika dana kas kecilnya sudah atau hampir habis, maka kasir akan menyiapkan dana kas kecil sesuai dengan jumlah dana yang telah dikeluarkan.
  • Metode Berubah-Ubah

Metode berubah-ubah atau fluctuating fund system adalah metode yang tidak bisa ditetapkan karena selalu berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan, tetapi tidak melebihi batas dana kas kecil yang disediakan.

Ciri-ciri dari metode berubah-ubah adalah jumlah dana kas kecil yang disediakan tidak tetap. Pengisian kembali dilakukan dengan mencatat bukti pengeluaran kas kecil dalam buku jurnal kas kecil di bagian debit dalam akun dana kas kecil.

Kas besar

Kas besar atau Cash in Bank adalah jenis kas atau dana yang disiapkan untuk pengeluaran non rutin atau kegiatan yang membutuhkan jumlah nominal yang lebih besar.

Contoh pengeluaran yang menggunakan kas besar:

  • Biaya sewa tempat
  • Pembelian aset
  • Akuisisi
  • Pembayaran hutang
  • Dan pengeluaran lain yang membutuhkan jumlah dana lebih dari Rp 1.000.000.

Adapun tujuan dari pembentukan kas besar sebagai berikut:

  1. Mempercepat kegiatan operasional bisnis yang membutuhkan biaya relatif lebih besar.
  2. Kas besar digunakan untuk menghindari metode pembayaran yang dianggap tidak ekonomis dan tidak praktis terhadap perusahaan.
  3. Bisa digunakan untuk sebagai dana langsung atau tidak langsung untuk pembayaran jumlah besar dan bisa menggunakan cek.
  4. Membayar pengeluaran yang jumlah nominalnya lebih besar.

Dengan semua kegiatan di akun kas, anda pastinya membutuhkan software akuntansi yang dapat membantu dalam keuangan perusahaan anda. Software Accurate memberikan kemudahan dalam mengontrol keuangan, mulai dari uang masuk hingga uang kelar. Sehingga anda dapat menjalankan bisnis dengan lancar. Jika anda membutuhkan informasi mengenai Software Accurate, klik disini