Keuntungan Dalam Menggunakan Software Toko

Software Toko

Software Toko ialah suatu perangkat lunak dari komputer yang dipakai untuk mengerjakan database barang dagangan, database suplier, pbf atau pemasok, database pelanggan serta dipakai untuk transaksi pembelian dan penjualan dengan sekian banyak  alur misalnya seperti transaksi kredit yang bakal nantinya akan meningkatkan hutang atau piutang, transaksi tunai yang akan dominan pada kas. Software Toko adalah media yang sesuai untuk menolong manajemen toko, baik toko kelontong maupun toko kecil, toko bangunan, toko grosir yang melayani penjualan partai tetapi tidak termasuk ketengan serta jenis-jenis toko yang lain.

 

Fasilitas atau menu aplikasi toko diantaranya :

  1. Database barang, suplier, pelanggan serta operator.
  2. Transaksi pembelian, retur pembelian dan penjualan, cetak struk atau nota.
  3. Laporan yang relatif menyeluruh dan gampang dipahami.
  4. Cetak label barcode, eksport maupun import dari dan menuju ke Microsoft excel.
  5. Database hutang dan piutang yang otomatis terdata saat transaksi pembelian atau penjualan.
  6. Support scanner barcode dengan port USB, support cashdrawer atau laci duit elektronik.
  7. System harga Average, sangat sesuai untuk menilai harga jual barang apabila Anda beli dengan harga yang naik turun.

 

Mengapa toko anda harus menggunakan software ?

  1. Mengurangi Resiko human error

Human error ialah salah satu resiko yang umum ketika mengelola bisnis restoran secara manual. Pencatatan semua penjualan dan persediaan secara manual sangat mempunyai resiko dengan bisa jadi terjadinya kekeliruan input.

Beberapa kekeliruan input tersebut dapat berupa salah mencatat harga pada kwitansi, salah mencatat kuantitas pemesanan, salah mencatat nama pelanggan, dan sebagainya. Berbagai kekeliruan tersebut bisa dihindari bilamana bisnis restoran Anda memakai software POS yang terkomputerisasi.

 

  1. Mengurangi Potensi Kerugian karena Fraud Manajemen

Salah satu bisa jadi terjadinya kerugian bisnis dapat diakibatkan oleh tindakan pencopetan yang dilaksanakan oleh pegawainya sendiri. Dengan memakai software point of sale yang terkomputerisasi, Anda dapat mencari dan memahami keseluruhan siklus ongkos dari bisnis restoran Anda. Anda dapat memahami seluruh rincian biaya, dibuka dari pembelian bahan baku ke supplier, ongkos gaji, sampai laporan penjualan makanan dan minuman yang Anda jual secara lengkap. Software Point of Sale yang terkomputerisasi tentunyapun akan mengurangi terjadinya kecurangan, sebab segala halnya menjadi lebih transparan dan dapat diperhatikan secara real-time.

 

  1. Meningkatkan Efisiensi Bisnis Anda

Di samping memperkirakan keperluan persediaan bahan makanan Anda supaya sesuai dengan penjualannya, penggunaan software Point of Sale yang terkomputerisasi, Anda pun dapat menambah efisiensi restoran Anda. Software Point of Sale akan menolong Anda mencatat berbagai jenis makanan dan minuman yang dipesan pelanggan dengan lebih cepat dan akurat. Semua dapat dilakukan oleh pegawai Anda tanpa butuh repot mencatat di buku, pelanggan Anda juga tidak perlu menunggu lama sebab panjangnya antrian untuk mengerjakan transaksi pembayaran.

 

  1. Membantu Mengetahui ROI secara Instan

Melakukan analisa penjualan sekian banyak menu makanan dan minuman, dari yang kurang digemari hingga yang terlaris dalam suatu bisnis restoran adalah tips paling penting lainnya untuk mengetahui perkiraan permintaan dan penghasilan bisnis Anda.

Dengan mengerjakan analisa tersebut, Anda bisa memonitor ongkos satuan dan menganalisis keperluan stok bahan makanan, baik yang butuh ditambahkan, maupun yang dikurangkan.

Di samping itu, Anda pun dapat menghapus sejumlah menu makanan dan minuman yang kurang digemari pengunjung.Anda bisa melacak semua data penjualan dengan menyaksikan hasil laporan penjualannya melewati software Point of Sale.

 

  1. Meningkatkan Keakuratan Setiap Transaksi

Salah satu strategi promosi yang dapat dilaksanakan untuk menjual bisnis Anda ialah memberikan potongan penjualan.

WhatsApp