Persiapan Diri untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

MEA

Inpres Nomor 11 Tahun 2011 mengenai Pelaksanaan Komitmen Cetak Biru Masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA ) dalam upaya persiapan  diri menghadapi pasar bebas ASEAN atau MEA. Dalam cetak biru MEA, ada 12 sektor prioritas yang bakal diintegrasikan oleh pemerintah. Sektor itu terdiri dari tujuh sektor barang yakni industri agro, otomotif, elektronik, perikanan, industri berbasis karet, industri berbasis kayu, dan tekstil. Kemudian sisanya berasal dari lima sektor jasa yakni transportasi udara, kesehatan, pariwisata, logistik, dan teknologi informasi. Sektor-sektor itu pada era MEA bakal terimplementasi dalam bentuk pembebasan arus barang, jasa, investasi, dan tenaga kerja. Bukan cuma berlomba dengan pengusaha lokal tetapi pun pekerja asing yang menggali nafkah di Indonesia. Oleh sebab itu, persiapan diri dalam mengahadapi MEA perlu guna dilakukan.

Berikut ulasan lebih lengkapnya menenai persiapan diri menjelang MEA.

  1. Mampu Berbahasa Asing

Saat ini, tidak sedikit perusahaan asing tinggal di Indonesia. Bekali diri Anda dengan keterampilan berbahasa asing. Paling tidak, Anda lumayan menguasai satu bahasa beda yang dipakai secara global seperti Bahasa Inggris.

Apabila keterampilan berbahasa asing Anda bagus, komunikasi dengan sejawat dari luar negeri pun bakal lancar. Nilai jual Anda bertambah, sampai-sampai tak butuh ragu berlomba dengan tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia.

 

  1. Jadi Seorang Pemimpin

Leadership atau kepemimpinan tentu sudah pernah diajarkan semasa di bangku sekolah. Namun, belajar tidak melulu berhenti di situ saja. Anda perlu menambah kualitas diri supaya memiliki keterampilan leadership yang lebih baik lagi.

Orang-orang yang memiliki keterampilan leadership tentu diperlukan dimana saja. Pasalnya, orang dengan leadership skill yang baik dapat mengatur dan peduli terhadap peradaban kelompoknya.

 

  1. Terampil Public Speaking

Kemampuan berkata atau komunikasi memang diperlukan dimanapun Anda berada. Di lingkungan terdekat seperti keluarga atau pertemanan juga sangat urgen untuk berkomunikasi dengan baik, lagipula di lingkungan kerja.

Untuk meningkatkan keterampilan ini, Anda butuh terus berlatih.Salah satu caranya ialah dengan presentasi di depan tidak sedikit orang supaya Anda dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA dengan lebih baik.

 

  1. Perluas Jaringan Kerja

Memperluas jaringan atau networking bisa membuka karier dan kesempatan untuk berwirausaha. Cara memperluas jaringan yang gampang dengan memiliki tidak sedikit kenalan dan dari sekian banyak kalangan.

Gabungan dalam suatu komunitas, tidak jarang ikut forum diskusi, dan ciptakan relasi yang lebih baik terhadap orang selama Anda.

 

  1. Project Management yang Baik

Anda akan semakin menonjol andai mempunyai pengetahuan project management yang baik. Kemampuan dalam merancang suatu proyek menandakan Anda ialah orang yang dapat memegang suatu peranan penting. Dari situ, Anda dapat belajar guna bekerja lebih profesional baik secara individual maupun tim.

 

  1. Berpikir Luas dan Terbuka

Berpikir luas dan tersingkap adalah salah satu kunci dari keberhasilan. Sikap ini pastinya sangat berfungsi ketika menginjak lingkungan baru, sehingga mempermudah Anda guna beradaptasi dengan cepat. Sifat tersingkap akan dapat menerima perbedaan-perbedaan yang terjadi khususnya di lingkungan kerja.

 

  1. Tingkatkan Profesionalisme

Sikap ini telah sewajarnya Anda miliki dalam bekerja. Jangan campur aduk masalah individu dengan pekerjaan. Begitu juga sebaliknya, permasalahan kerja diangkut ke rumah.

Tanamkan kelaziman bekerja keras, bekerja pintar, tekun dan selalu berjuang fokus pada tujuan. Agar seluruh hasil kerja yang Anda lakukan dapat memberikan hasil yang memuaskan.

WhatsApp