Pengelolahan Sumber Daya Alam Yang Baik

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam (SDA) ialah salah satu urusan yang paling penting untuk manusia. SDA mesti anda jaga dan rawat dengan baik supaya keberadaannya tetap lestari sampai-sampai tetap dapat memenuhi kehidupan manusia dan makhluk lainnya, termasuk mengawal kelangsungan hidup di Bumi. Dalam mengasuh sumber daya alam, paling tidak anda butuh memperhatikan sejumlah prinsip. Prinsip- prinsip pengelolaan sumber daya alam dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat. Beberapa prinsip dari penegelolaan SDA secara umum menekankan pada prinsip optimal dan  efisien.

 

Sumber daya alam adalah semua komponen yang terdapat alam selama yang bisa dimanfaatkan untuk sekian banyak kepentingan dan keperluan hidup manusia supaya dapat bertahan hidup dan lebih sejahtera. Sumber daya alam memiliki sejumlah karakteristik tertentu sampai-sampai karakter sumber daya alam itu bisa diklasifikasikan menurut jenis-jenis suber daya alam, menurut sifat pembaharuan, dan pun menurut pemakaianya. Sumber daya alam bakal benar-benar berguna bilamana pemanfaatanya lebih menyangkut keperluan manusia Pengelolaan yang tidak cukup menyangkut keperluan manusia disamping bakal merusak lingkungan sekitarnya dan akan menjadi bumerang untuk manusia sendiri.

Maka dari hal tersebut dalam pengelolaan sumber daya alam mesti menurut prinsip-prinsip berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Berwawasan lingungan dengan kata lain mempertimbangkan kelestarian dan tidak boleh sampai menimbulkan akibat negatif untuk lingkungan. Berkelanjutan dengan kata lain pengolahan sumber daya alam tidak boleh sampai terhenti perlu dilaksanakan secara terus-menerus.

Sumber daya alam dipecah menjadi dua yakni :

  1. SDA yang bisa diperbaharui mencakup air, tanah, tanaman dan hewan. SDA ini mesti anda jaga kelestariannya supaya tidak merusak ekuilibrium ekosistem.
  2. SDA yang tidak bisa diperbaharui tersebut contohnya barang tambang yang terdapat di dalam perut bumi sepertihalnya minyak bumi, batu bara, timah dan nikel. Kita mesti memakai SDA ini seefisien mungkin. Sebab, batu bara, baru bakal terbentuk kembali sesudah jutaan tahun kemudian.

Sumber daya alam pun dapat dipecah menjadi dua yakni : 

  1. SDA hayati ialah SDA yang berasal dari makhluk hidup contohnya seperti hasil pertanian, perkebunan, pertambakan, dan perikanan. Sumber daya hayati ialah salah satu sumber daya bisa pulih atau terbarukan (renewable resources) yang terdiri atas tumbuhan dan fauna. Sumber daya hayati secara harfiah dapat ditafsirkan sebagai sumberdaya yang memiliki kehidupan dan dapat merasakan kematian. Beberpa sumber daya hayati di antaranya ialah pohon, ikan, rumput laut, plankton, zooplankton, fitoplankton, harimau, semut, cacing, rumput laut, terumbu karang,lamun, dan lain-lain.
  2. SDA non-hayati ialah SDA yang berasal dari makhluk tak hidup (abiotik). Seperti: air, tanah, barang-barang tambang.

 

Cara pemakaian sumber daya alam oleh manusia yang bisa dipertanggungjawabkan dengan teknik sebagai berikut:

  • Selektif, yakni memilih, menggunakan, dan mengusahakan sumber daya alam dengan betul-betul untuk kepentingan keberlangsungan kehidupan
  • Menjaga kelestarian. Bagi memanfaatkan sumber daya alam dibutuhkan teknologi maju dan modern sehingga memungkinkan terpelihara kelestariannya.
  • Perlunya penghematan sumber daya alam atau meminimalisir bahaya pemerasan besar-besaran terhadap pemakaian sumber daya alam supaya tidak bobrok dan punah.

 

Pengelolaan Sumber Daya Alam

Berikut merupakan contoh dari konsep lestari dalam pengelolaan Sumber Daya Alam, diantaranya:

  1. Pengelolaan Sumber Daya Alam Di Bidang Pertanian
  2. Penggunaan Pupuk Alami atau Pupuk Organik
  3. Penggunaan pestisida seperlunya
  4. Pengelolaan tanah datar, lahan miring, dan perbukitan
  5. Pengelolaan udara
  6. Pengelolaan hutan
  7. Pengelolaan laut dan pantai
  8. Pengelolaan tumbuhan dan fauna
Chat Us