Morning Briefing Dan Manfaatnya Dalam Mempererat Hubungan Internal Perusahaan

Morning Briefing

Suatu perusahaan bakal dapat menjangkau tujuannya dengan cepat dan efektif manakala seluruh orang yang tercebur di dalamnya mempunyai sebuah persepsi yang sama visi, misi hingga tujuan. Sehingga apapun yang terjadi dalam proses pencapaian tujuan, akan dilewati dengan tetap berpegang erat pada nilai-nilai yang sudah tertanam. Dan salah satu teknik menanamkan nilai-nilai itu ialah dengan membiasakan briefing sebelum memulai kegiatan kerja. Sebuah briefing sedianya dapat dilakukan kapan pun ketika dibutuhkan. Namun dalam perkembangannya, briefing sering diselenggarakan pada pagi hari yang lantas lebih dikenal dengan morning briefing.

 

Briefing dapat diisi dengan arahan kerja oleh supervisor, manajer atau siapapun yang menjadi PIC, jadwal kerja, kegiatan perusahaan, tidak banyak tanya jawab dan diselesaikan dengan doa. Doa ialah suatu hal penting dalam menjalankan bisnis apapun sebab kita tidak dapat melalaikan Tuhan dalam hidup ini. Briefing ini semestinya rutin dilaksanakan setiap pagi minimal 10 menit. Berapapun jumlah orang yang hadir, briefing tetap mesti dilakukan.

 

Istilah morning briefing sendiri mempunyai nama lain yang cukup berbagai tergantung perusahaan itu menamainya apa. Karena pasti saja, pemakaiannya juga tidak melulu untuk suatu pertemuan di pagi hari. Pada dasarnya pekerjaan ini dapat dilakukan kapan pun tiap kali sebelum mengawali kerja entah tersebut pagi, sore, malam atau dengan shift kerja yang berlaku.

Bisnis ialah kegiatan yang dinamis. Dalam satu bulan, satu minggu bahkan satu hari saja dapat ada banyak perubahan yang barangkali terjadi. Tentu saja urusan ini pun memungkinkan terdapat informasi baru yang butuh diperbaharui dan dikatakan kepada karyawan sepanjang harinya. Mulai dari progress pekerjaan, target yang telah tercapai, perubahan prosedur teknis dan lain-lain.

 

Di samping itu, penilaian atas kinerja atau masalah yang terjadi sebelumnya dapat menjadi di antara bahan yang usahakan dibicarakan bersama dengan tim ketika morning briefing. Dengan demikian, tim atau karyawan Anda dapat bekerja lebih baik hari ini.

Hanya pasti saja, skala informasi atau penilaian yang dikatakan dalam morning briefing ini adalah informasi yang dapat disampaikan dan dicerna dengan masa-masa yang singkat. Apabila informasi atau penilaian yang hendak disampaikan lumayan panjang, maka usahakan dikatakan dalam suatu meeting yang lebih leluasa waktunya.

 

Fungsi Dari Morning Briefing

  • Sarana komunikasi efektif antar seluruh karyawan dan antar bagian ataupun divisi
  • Sarana informasi hal-hal yang sehubungan dengan kegiatan dan aturan perusahaan
  • Sarana menanamkan nilai-nilai (value) perusahaan dan kebiasaan kerja

 

Manfaat Dari Morning Briefing

  • Menyatukan persepsi dan tujuan saat bekerja sama dalam tim
  • Memperkuat persatuan dan kerjasama seluruh karyawan dan bagian
  • Membuka komunikasi antar seluruh karyawan dan bagian
  • Membuat masing-masing karyawan memahami tentang apa yang mesti dilaksanakan atau memahami akan peran masing-masing
  • Melatih keterampilan berkomunikasi dan leadership
  • Membiasakan agar tidak canggung untuk mengucapkan ide-ide kreatif
  • Membiasakan berkomunikasi secara terbuka
  • Membangun benak dan sikap positif, baik untuk diri sendiri maupun teman kerja
  • Mendeteksi masalah atau tantangan yang bakal timbul secara dini dan merumuskan solusinya

 

Itulah kegunaan melakukan morning briefing sebelum memulai  pekerjaan di perusahaan Anda. Dari yang telah diucapkan diatas dapat anda lihat, hanya perlu waktu tidak cukup lebih 10-15 menit saja untuk setiap harinya guna mendapatkan manfat yang besar untuk perusahaan. Apakah perusahaan Anda telah terbiasa mengerjakan morning briefing?

WhatsApp