Meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen Anda

Loyalitas Konsumen

Apabila konsumen menemukan kepuasan dari produk/ jasa yang Anda pasarkan maka bisa jadi kemungkinan besar konsumen bakal terus datang terus dari masa ke masa, sebaliknya andai konsumen tidak merasa puas dengan produk/jasa yang anda pasarkan maka niat konsumen untuk kembali menggunakan produk anda menjadi tidak jadi ataupun kapok dan tidak kembali ketempat Anda dan justeru pergi ke lokasi orang lain.

 

Kepuasan pelanggan tidak dapat terbuat dengan mudah sebab membutuhkan proses yang lumayan panjang. Namun, di samping proses yang panjang, loyalitas dan kepuasan pelanggan juga diprovokasi oleh sekian banyak faktor, antara lain pelayanan, kualitas produk, maupun harga

 

Untuk mengawal sebuah loyalitas, Anda sebagai pengusaha usahakan memahami dan mengusahakan teknik-teknik di bawah ini :

  • Kemudahan Bertransaksi

Sekarang ini begitu banyak perusahaan yang berlomba memperebutkan hati seorang konsumen dengan teknik mempromosikan produk dalam sekian banyak cara. Untuk menjaga loyalitas dan kepuasan pelanggan tersebut, Anda perlu menyimak bagaimana teknik bertransaksi di toko yang Anda miliki. Buatlah sistem transaksi semudah barangkali dan sesederhana mungkin supaya pelanggan merasa nyaman. Sediakan sekian banyak alat pembayaran yang dapat diterima, dan buatlah loket pembayaran dalam jumlah yang cukup supaya pembeli tidak butuh mengantre lama. Dengan adanya fasilitas bertransaksi, konsumen bakal merasa nyaman melakukan pembelian barang di toko maupun bisnis Anda sampai-sampai mereka bakal datang kembali untuk mengerjakan pembelian di waktu yang lain.

 

  • Penawaran Menarik

Penawaran yang unik juga dibutuhkan untuk menjaga seorang pelanggan setia. Cobalah guna menawarkan produk yang unik atau limited edition pada pelanggan terlebih dahulu baru lantas ditawarkan pada konsumen umum. Pelanggan yang menemukan penawaran unik tersebut bakal merasa lebih dipentingkan sampai-sampai mereka pun akan lebih mementingkan perusahaan Anda.

 

  • Berikan perhatian lebih untuk konsumen

Terkadang, dalam menjalankan bisnis Anda hanya konsentrasi terhadap penawaran yang diserahkan kepada konsumen tanpa menyimak apa yang sebetulnya mereka butuhkan. Misalnya, Anda menawarkan produk keelokan dan melulu menawarkan produk itu dengan sejuta kelebihannya tanpa menimbang keperluan konsumen. Cara ini sulit sukses karena konsumen melulu akan memandang Anda memasarkan produk.

Tujuan utamanya tentu ialah menjual produk, tetapi dalam prosesnya perlu menyerahkan perhatian lebih untuk konsumen, baik sebelum maupun setelah mengerjakan transaksi. Contoh, Anda dapat memberikan katalog untuk unik perhatian konsumen dan memberikan jaminan khusus pada produk unggulan yang ditawarkan. Menawarkan produk dengan menyerahkan perhatian pada konsumen ingin membuat mereka lebih puas dan loyal nantinya.

 

  • Lakukan follow up pasca penjualan

Cacat pulang siapa saja konsumen yang datang ketempat Anda dan follow up konsumen tersebut. Tidak saja saja menggali pelanggan yang baru.

 

  • Tawarkan program unik untuk mengawal loyalitas konsumen

Seperti pusat perbelanjaan lainnya yang menawarkan program unik seperti kartu keanggotaan ataupun lainnya. Anda juga dapat menawarkan program kartu keanggotan(member) untuk pelanggan anda. Berikan penawaran laksana diskon dan bonus tertentu andai konsumen mempunyai kartu keanggotaan(member) tersebut.

 

  • Berikan keuntungan untuk pelanggan setia anda

Bukan melulu melakukan penawaran saja, adakalanya Anda melakukan program lainnya yang bisa menguntungkan pelanggan Anda maupun Anda sendiri. Contohnya membuka kesempatan reseller terhadap pelanggan setia anda. Dengan teknik tersebut pelanggan Anda mendapatkan keuntungan dan Anda juga bisa mendapat pelanggan baru dari bisnis reseller tersebut.

 

  • Lakukan kerjasama dengan pihak lain

Kunci mengawal kepuasan dan loyalitas konsumen satu ini dinamakan dengan strategic partnership. Anda dapat melakukan kerja sama dengan pihak lain, sepertihalnya perusahaan yang bukan saingan untuk menyerahkan keuntungan lebih untuk konsumen. Cara ini paling efektif untuk menjaga konsumen dan mengawal loyalitas mereka.

Chat Us