Menerapkan Sistem CRM

menerapkan CRM

Menerapkan Sistem CRM (Customer Relationship Management) untuk Menjaga Hubungan Baik dengan Customer. Persaingan bisnis yang semakin ketat dari hari kehari memaksa setiap pelaku bisnis untuk tak hanya bersaing dalam hal kualitas produk yang mereka buat, namun juga kualitas layanan yang diberikan. Kualitas layanan sangat penting untuk membuat pelanggan membeli produk kembali atau menggunakan jasa yang ditawarkan secara berulang.

Untuk bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan atau customer, banyak pelaku usaha yang kemudian menggunakan sistem CRM atau customer relationship management. Seperti apakah sistem ini sebenarnya dan apakah benar benar efektif?

Definisi CRM

Apabila dilihat dari beberapa literature yang ada, CRM memiliki definisi yang tak sama dari beberapa ahli. Namun, CRM dapat disimpulkan sebagai sebuah strategi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan untuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan pelanggan sehingga diharapkan pelanggan pun dapat royal.

Intinya, CRM merupakan sebuah analisa untuk melihat seperti apakah perilaku pelanggan sehingga pelaku sebuah bisnis pun dapat melayani pelanggan dengan lebih baik secara personal dan diharapkan pelanggan dapat menjadi loyal kepada perusahaan tersebut. Oleh karena itu, dapat dibilang bahwa target utama dari sistem ini bukanlah customer satisfaction atau kepuasan pelanggan saja, namun juga customer loyality atau loyalitas konsumen. Loyal dalam hal ini adalah pelanggan tak akan hanya puas menggunakan produk atau jasa hanya sekali saja, namun akan tetap menggunakannya berkali kali.

Cara Menerapkan Sistem CRM

Sebenarnya, cara menerapkan sistem yang baik dan benar pun beragam, tergantung dari jenis usaha apa yang anda jalankan. Namun, apapun jenis bisnis yang anda jalankan, dengan semakin modern nya teknologi dan sistem komputer yang ada sekarang ini, sistem CRM pun semakin mudah untuk diaplikasikan.

Kali ini kami akan mengambil contoh untuk usaha yang bergerak di bidang Family Club House yang biasanya memiliki ratusan anggota. Dengan menggunakan sistem komputer yang semakin canggih, maka anda bisa menyimpan data dari setiap anggota termasuk tanggal lahir masing masing dari mereka. Kemudian, buatlah sebuah warning atau pengingat (reminder) dimana ketika anggota tersebut akan berulang tahun anda bisa mengetahuinya.

Nah, ini merupakan sebuah peluang yang tepat dimana anda bisa mengirimkan ucapan selamat kepada anggota yang berulang tahun tersebut melalui sms, telpon, email atau bahkan mengucapkannya secara langsung ketika anggota yang berulang tahun tersebut memang kebetulan sedang check in. Ini merupakan langkah sederhana yang dilakukan hanya dengan memaksimalkan penggunaan database untuk mendukung sistem CRM dari sebuah perusahaan. Meskipun sederhana, namun efeknya akan sangat baik karena pelanggann akan merasa diperhatikan, diutamakan bahkan dilayani bak raja.

Cara Membangun CRM

Meskipun memang cara pengaplikasian CRM berbeda beda tergantung dengan banyak faktor, namun setidaknya ada 3 hal utama yaitu:

  1. Mendapatkan Pelanggan Baru atau Acquire yang bisa dilakukan dengan cara memberikan akses informasi yang mudah, pelayanan menarik dan inovasi baru.
  2. Meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada atau enhance. Anda bisa meningkatkan hubungan dengan cara melayani pelanggan sebaik mungkin yang mana diharapkan pelanggan akan melakukan repeat order dan mempromosikan usaha anda dari mulut ke mulut.
  3. Mempertahankan Pelanggan atau retain. Disinilah anda harus mendengarkan pelanggan dan berusaha memenuhi apa yang menjadi keinginan mereka agar mereka semakin royal.

Jadi, siapkah anda untuk menerapkan sistem CRM untuk bisnis anda mulai dari sekarang? hubungi kami sekarang =)

WhatsApp