Membulatkan Invoice Amount Karna Adanya Discount Decimal

tutorial accurate 5

Program Accurate merupakan program paket yang telah jadi, kita sebagai pengguna biasanya hanya dapat menggunakannya saja tanpa bisa merubah-rubah coding yang sudah dibuat. Karna di set untuk banyak jenis perusahaan, program accurate telah menyesuaikan sistemnya dengan akuntansi umum yang ada diindonesia, dan pola perhitungannya pun telah disesuaikan dengan alat hitung yang ada di indonesia seperti kalkulator. Adakalanya suatu perusahaan menggunakan angka desimal dibelakang koma untuk pembuatan transaksi-transaksinya, sebagai contoh konsultan akan memberikan ilustrasi :

PT. Abadi Karya adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang traiding, biasanya untuk meningkatkan penjualan PT. Abadi Karya mengadakan discount penjualan pada saat-saat tertentu, dan discountnya pun beragam jenis, ada discount yang langsung globalnya dan ada juga discount bertingkat. Umumnya tidak akan terjadi masalah pada apappun jenis discountnya, tetapi untuk discount yang menggunakan angka desimal dibelakang koma, tentunya nilai yang didapat pun sudah pasti ada angka desimal dibelakang koma juga. Misal PT. Abadi Karya menjual barang dagangannya seharga Rp. 15.000,- karna ada promo PT tersebut mengadakan discount sebesar 5,25%, sehingga Rp. 15.000 – 5,25% = Rp. 14.212,50,- tetapi PT. Abadi Karya menginginkan total nilainya dibulatkan menjadi Rp. 14.212,50,- nah.. anda jangan khawatir, karna konsultan akan memberikan anda trick simplenya untuk permasalahan tersebut didalam program accurate. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buat Sales Invoice dengan menambahkan simbol +# dan angka koma dibelakang discount

a. Pada modul sales -> sales invoice

b. Entry :

1. Header -> pilih nama customernya -> isi invoice number dan invoice date nya

2. Detail (body) -> pilih itemnya -> isi Qty -> ketik discountnya, misal 5,25. Setelah discount diisi, maka nilai akan ada angka desimal dibelakang komanya, lihat komanya berapa lalu ketikkan dibelakang discount, misalnya angka dibelakang koma adalah 0,50 pada kolom discount menjadi -> 5,25+#0,50 seperti yang terlihat pada gambar berikut :

3. Footer -> isi descriptionnya jika diperlukan

2. Cetak sales invoice

Setelah anda selesai membuat sales invoice tersebut, jika akan dicetak click tombol preview -> click tombol print (gambar print) -> ok

 

Nah, sekian tips & trick program accurate kali ini.. selamat mencoba

Anda membutuhkan ACCURATE SOFTWARE versi 4 , jasa training Accurate yang Professional bagi perusahaan anda? atau ingin konsultasi terlebih dahulu menggunakan PROGRAM ACCURATE
Segera Hubungi :
Selvi
Telp : (021) 2205 2535
Sms/WA : 0877 8826 2282
Email : marketing@softwareaccurate.com
http://www.softwareaccurate.com

WhatsApp