Cara Menggunakan Software Accurate

Tutorial Software Accurate

Saat ini mayoritas UKM melakukan perluasan hingga kesekian banyak daerah dalam mengembangkan bisnisnya dengan membuka tidak sedikit cabang. Disinilah Accurate muncul untuk membantu segala keperluan pencatatan yang lebih luas, dengan mobilitas tinggi. Bagi orang yang baru mengenal akuntansi tidak usah ragu atau bimbang untuk mengerjakan proses pengelolaan finansial menggunakan software accurate Accounting. Tips-tips di bawah berikut bakal membuat Anda lebih yakin dan merasa lebih gampang untuk menyusun laporan keuangan.

Cek Keuangan Perusahaan

Pada mulanya Anda harus tahu posisi finansial dari perusahaanmu. Ini dapat dilakukan dengan teknik memilahnya. Yang terpenting ialah Anda perlu mengelompokkan antara finansial pribadi dengan perusahaan. Walaupun usaha ini ialah miliki pribadi, namun bukan opsi yang tepat jika Anda mencampuradukkan keduanya. Ada baiknya pendapatan yang Anda peroleh dari usaha ini juga Anda masukkan ke dalam posisi gaji.

Mengacu Pada Buku

Pisahkan semua format laporan finansial pada setiap buku. Artinya masing-masing jenis transaksi mesti punya pembukuan sendiri. Misal, dalam transaksi penjualan tunai maka Anda dapat sediakan tiga buku. Buku penjualan, kas maupun buku persediaan barang. Sedangkan, transaksi penjualan non-tunai pun gunakan buku khusus penjualan, piutang dan persediaan barang. Hal ini berlaku untukjenis transaksi lainnya juga. Nah dalam aplikasi accurate ini nantinya Anda akan menginput data. Karena kategorisasi telah disediakan dengan baik dalam fitur di aplikasi ini.

Mulai Menggunakan Accurate

Setelah seluruh persiapan pra-software atau sebelum memakai software accurate, anda bisa menyiapkan accurate sendiri sebagai mesin basis pengelolaan finansial Anda nantinya.

  • Unduh Installer dari Website ataupun Compact Disk (CD)
  • Unduh Modul Panduan Penggunaan dari Website atau biasanya sudah pasti Anda dapat saat membeli hardcopynya. (Ini bisa Anda lakukan di sela-sela proses instalasi untuk dipelajari lebih dalam nantinya, kini yang terpenting Anda harus berani memulainya)
  • Jika Accurate telah sukses diinstal, akan hadir shortcut softwareaccurate di layar desktop Anda. Jika tidak muncul, maka buka saja di drive C:/Program Files/CPSSoft/ kemudian klik folder ACCURATE danklik pada ikon software accurate.

Mulai Beroperasi

Pada dasarnya sebenarnya gampang untuk Anda mencermati fitu-fitur software accurate, dengan demikian selanjutnya Anda akan paham bagaimana mengoptimalkan accurate.

– Meretur faktur yang diciptakan sebelum Anda menggunakan accurate.

(1) Setup > Preferences > Sales/Purchase, centang option “All Sales Invoices” dan “Can Enter Any Item” pada bagian Sales dan Purchase Return.

(2) Retur Pembelian, Activities>Purchase>Purchase Return>pilih Vendor yang dituju,>Invoice No. pilih NONE/Nihil, selanjutnya pilih item yang diretur dari kolom Item no. Qty dan Unitprice cocok yang diretur, selanjutnya tinggal Save&Close.

(3) Retur Penjualan, Activities > Sales | Sales Return > pilih Customer yang dituju > Invoice No. pilih NONE/Nihil > pilih item yang diretur dari kolom Item no. Qty dan Unitprice sesuaikan yang diretur > Save&Close.

Sampai di sini nilai cost Persediaan dari barang yang telah dibalikkan mengambil dari informasi dari HPP transaksi penjualan yang terakhir/terdekat item yang diretur.

– Membuat Data Baru.

Ada dua opsi dalam persiapan singkat menciptakan database baru yaitu basic setup dan advance setup. Basic Setup sangat bermanfaat dan dikhusukan untuk yang tidak begitu menguasai akuntansi. Sedangkan, advance setup ini ialah untuk yang paham akuntansi. Tentu saja di advance setup terdapat keleluasaan lebih untuk para pemakainya. Asal Anda yakin bahwa Anda punya kompetensi dasar yang baik mengenai dasar-dasar akuntansi.

WhatsApp